Mengenai Saya

Foto saya
FITRI CAHYANI !!!!! Orang bilang Saya Hi-ConFidence BangeT, ga ada mati nya yang Pasti Lebih Punya Taste ihiHiii Rumpi !!! yang Pasti Anak Yang NuruT kedua Orang tua yang Sayang KeluaRga, Yang Ke Kampus Bawa MotoR sendiri dari DepoK-CiPutaT-DePok yanG kErja ke iStiqLaL naeK MotoR juga !! WondeR womaN seJati yang PaliNg sebeL di Larang Gigitin Kuku Sama Ibu !!!

Selasa, 30 Desember 2008

TUGAS CURHAT KE PAK ZEN

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN - DAKWAH

CURHAT KEADAAN DAKWAH
DI KEDIAMANKU
KOTA DEPOK

DENGAN DOSEN

BAPAK M. ZEN Lc, MA

MAKALAH
DI AJUKAN UNTUK MELENGKAPI TUGAS




DI SUSUN OLEH :

FITRI CAHYANI

JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
SEMESTER 5
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2008
CURHAT KEADAAN DAKWAH
DI KEDIAMAN KU
KOTA DEPOK

FITRI CAHYANI

DEPOK yang kita kenal sekarang jauh lebih modern dari pada Depok terdahulu, sedikit saya ingin menggambarkan tentang kota saya yang kecil ini tapi cukup memberikan kesan yang mendalam dan betapa aku mencintai kota ku ini.

Sekarang di Depok sudah banyak kemajuan berbagai aktifitas umat muslim di depok mereka interest sekali dengan Islam terlihat dari serangkaian sepak terjang dan perjuangan Ormas seperti NU, Muhammadiyah dsb…
Termasuk juga kemunculan fenomena bahwa sekarang orang-orang lebih tertarik menyekolahkan anak-anak nya di sekolah - sekolah islam, perguruan - perguruan islam baik madrasah, pondok pesantren, dan semakin banyak nya di bangun SDIT dan TKIT sebagai dasar orang tua memikirkan basic si anak untuk di kuatkan keimanan dan ketakwaan nya terlebih dahulu.
semakin banyak pula warga depok yang giat mengikuti Majelis taklim, antusias mengikuti setiap kegiatan PHBI atau kegiatan Santunan ( charity ).

Di Depok komposisi umat beragama di Dominasi oleh :
Islam 929.132 jiwa
Protestan 41. 235 jiwa
Katolik 30. 926 jiwa
Hindu 19. 502 jiwa
Budha 8.918 jiwa
Lain-lain 1.156 jiwa

Kalau di persentase Islam ada 90,13 %
Dan yang lain hanya sisa nya saja.
Data Jumlah Masjid di tiap kecamatan Se- Kota Depok
Kecamatan Beji : 42 Masjid
Kecamatan Cimanggis : 127 Masjid
Kecamatan Limo : 48 Masjid
Kecamatan Sawangan : 111 Masjid
Kecamatan sukmajaya : 135 Masjid

Belum lagi Musholla dan majelis Taklim, dan data di atas belum termasuk masjid-masjid yang baru. BELUM LAGI Pondok Pesantren yang ada di DEPOK ada 54 Pesantren yang bisa menjadi pilihan warga depok untuk memasukan anak-anaknya lebih dalam lagi mengetahui agama islam tentunya untuk membentuk akhlakul karimah si anak
Ada juga ORMAS – ORMAS ISLAM :
PC. Nahdlatul Ulama
PD. Muhammadiyah
PC. Al-irsyad islamiyah
PD Al- jamiyatul wasliyah
Hizbut tahrir Indonesia
PC. Persis
Pd. Matlaul anwar
DPW. Front Pembela islam
Dewan Dakwah
Forum Mudzakaroh
PD. Dewan Masjid Indonesia
BKKM Limo
Muslimat NU
PD. Aisyiah
Persistri
DPD Pengajian

Dalam Perspektif formasi social, umat islam Depok tampak nya sedang berada di simpang jalan. Maksudnya masyarakat muslim di depok tetap mempertahankan identifikasi keislaman yang kukuh dengan lembaga pendidikan agama dan dakwah sebagai pilarnya. Tetapi di sisi lain, geliat perubahan dalam berbagai sector meniscayakan mereka untuk mengambil peran lebih, terutama bagi generasi muda yang cendrung lebih membaur dengan hingar-bingar modernitas. Maka… mau tidak mau, mereka menyandingkan pendidikan agama sejajar dengan pendidikan umum. Tujuannya agar mereka bisa bekerja pada sector yang menuntut spesialisasi dan kompetensi dunia kerja.

Semakin banyak dakwah yang di gembar gemborkan tapi semakin banyak juga tantangan yang datang bagi gerakan dakwah di Depok dan tidak bisa di pungkiri aliran Sempalan, setuju atau tidak bahwa kemunculan aliran menyimoang merupakan salah satu factor kegagalan gerakan dakwah islam. Alasannya ternyata mereka para pengikut nya dan pendirinya yang tidak lain berdomisisli di Depok MUSADEQ bukan masyarakat biasa atau awan di bidang ilmu agama. Banyak pula mereka memang yang berasal dari komunitas muslim yang sedari kecil sudah mengenyam pendidikan agama islam di pesantren atau di madrasah.karena salah satu factor kemunculan aliran semacam ini di sebabkan oleh latar belakang social ekonomi dan pendidikan. Miskin ilmu dan harta membuat mereka tidak tahu bagaimana seharusnya yang mereka lakukan dalam menjalankan ajaran agama islam yang mereka anut.

Tapi MUI Kota Depok terus mengatakan aliran itu sesat, dan untuk warga yang pemahaman agamanya baik tidak akan menyimpang dan ikut-ikutan dan ada juga warga yang acuh tak acuh tidak perduli dengan hal-hal seperti itu yang sekarang di fikirkan adalah bagaimana bisa tetap survive hidup di Kota Depok ini yang semakin lama makin banyak Mal makin banyak pusat perbelanjaan gaya konsumtif orang-orang Depok semakin menggila, daya beli, kebutuhan meningkat dan competitor semakin banyak.

Mereka berfikir bagaimana bisa memenuhi dan membahagiakan keluarganya bukan lagi memperdebatkan paham atau aliran tidak jelas seperti itu namun mereka tetap menjalankan apa yang di perintahkan Allah di saat harus sholat mereka sholat beramal mereka beramal puasa pun pol 1 bulan itu fenomena yang sedang terjadi di Kota Ku…
Namun ajaran Islam terus di perjuangkan mudah-mudahan Allah melihat niat baik warga Depok yang ingin selalu damai nyaman tidak ada permusuhan, dan tingkat toleransi muslim Depok sangat membanggakan terbukti dengan aman dan damainya kondisi Kota ku ini,
berdakwah pun akan terus berjalan sama-sama kita fasthabikul khoirot !!!


MINAL AIDIN WALFAIDZIN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
1 SYAWAL 1429 H
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

FITRI CAHYANI
MANAJEMEN DAKWAH
SEMESTER 5

Tidak ada komentar: